Berita

MAS Darussalam Manuju Laksanakan Shalat Gerhana Matahari, KUA Manuju Sampaikan Khutbah

Sabtu, 22 April 2023 09:47 WIB
  • Share this on:

Manuju, 20/04/2023 Gerhana Matahari hibryd yang terjadi adalah sala satu dari fenomena alam yang jarang terjadi dan hari ini kamis, 20 April 2023 mulai  disaksikan diwilayah Manuju Pukul 11.18 WITA . sehari sebelumnya Kepala Madrasah Aliyah (MAS) Darussalam Manuju, Hardiyansah, Sh mengajak kepada segenap Siswa dan Guru mengikuti Shalat Gerhana Matahari (khusuf) ini yang di pusatkan secara berjamaah di Masjid Darussalam. selain siswa juga hadir beberapa masyarakat sekitar madrasah, turut hadir Pimpinan Pondok Tahfidz Quran Asmaul Husna dan beberapa Jamaahnya mengikuti shalat berjamaah tersebut.

KUA Manuju Abdul Salam, S.Ag turut menghadiri dan bertindak sebagai Imam sekaligus khatib, KUA Manuju dalam khutbahnya menyampaikan bahwa gerhana matahari hibryd ini adalah tanda kekuasaan Allah SWT dan hendaknya kita memperbanyak dzikir dan bersedekah. lebih lanjut dalam khutbahnya Abd. Salam banyak menggambarkan tentang dahsyatnya hari kiamat. Shalat khusuf  di ikuti oleh siswa siswi madrasah Aliyah  Darussalam manuju, siswa SMP Islam Darussalam Manuju sekitar pesantren Darussalam manuju. Selain itu juga turut hadir berapa santri dari pondok tahfidz asmaul husna desa manuju  bergabung dalam shalat khusuf di masjid ponpes Darussalam Manuju.

Di tempat yang sama kepala madrasah Aliyah Darussalam manuju, hardiyansah, SH menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat gerhana matahari  (khusuf) ini selain sebagai ibadah Sunnah muakkad juga menjadi pembiasaan terhadap siswa khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk dilaksanakan setiap terjadi gerhana baik gerhana bulan maupun gerhana matahari dimana ibadah shalat khusuf ini jarang dilaksanakan tambahnya.

Hal ini juga dimaksudkan agar lembaga pendidikan keagamaan dalam hal ini madrasah Aliyah Darussalam manuju menjadi pusat pendidikan sekaligus pusat dakwah kepada masyarakat termasuk pelaksana syiar Islam tentunya. Sehingga apa yg manjadi program kementerian agama dapat terimplementasikan dalam masyarakat melalui lembaga pendidikan keagamaan pungkasnya".

Dengan demikian madrasah menjadi sumber perilaku positif terhadap syiar Islam termasuk dalam pelaksanaan ibadah yang sifatnya tidak rutin dilaksanakan seperti shalat gerhana ini. anc

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -